Monday 25 June 2012

Create DB dengan SQLite

Tool yang saya instals
Dalam membuat suatu aplikasi sering kali kita membutuhkan media untuk menyimpan data yang kita manipulasikan. Biasanya kita akan menggunakan DBMS sebagai media penyimpanan. Disamping itu DBMS juga bisa digunakan untuk memanipulasi data seperti untuk menghitung, normalisasi tabel, menyimpan data dan sebagainya.
Sering kali kita memanipulasi DBMS dengan media text, yang mengharuskan kita menghafal dalam membuat suatu database, tabel dan relasi. Ada banyak jenis DBMS yang ada diantanya ada My SQL, SQLite, SQL server, Oracle dan lain - lain.

Nah disini saya memperkenalkan salah satu DBMS  yang ada yaitu SQLite. SQLite merupakan sebuah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-Compliant dan memiliki ukuran library yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard Hipp. Tidak seperti pradigma client-server umunya, inti sqlite bukanlah sebuah sistem yang mandiri yang berkomunikasi dengan sebuah program, melainkan sebagai bagian integral dari sebuah program secara keseluruhan. Sehingga protokol komunikasi utama yang digunakan adalah melalui pemanggilan API secara langsung melalui bahasa pemrograman.
Dalam membuat dan memanipulasi DBMS kita memerlukan bantuan sebuah tool gui yang mempermudah kerja kita. Tidak perlu kita menghafal tetapi cukup tahu tentang perintah - perintah yang digunakan. jika anda ingin belajar dan mencoba silahkan download aplikasinya disini "SQLite Expert Personal".


No comments:

Post a Comment